Makan Siang Sederhana Kaya Manfaat

image
Nasi Jagung. Makanan Ndeso kaya manfaat

Siang ini kayaknya lain daripada yang lain. Soalnya waktu kubuka tutup makanan diatas meja makan……treeeet ter ter ternyata eh ternyata KOSONG. Sang istri ndak masak apa apa. Terus kucoba buka kulkas, alhamdulillah ada nasi jagung plus habis dapet pete. Wah perlu diolah nih jadi apa ya…. idenya ternyata cukup sederhana disambelin aja beresssss…… tapi intinya bukan itu, khasiat yang terpendam dari jagung ini (yang kata orang kota jagung itu makanan ndeso) yang perlu kita urai kawan…….. oke kita urai manfaat jagung sebentar lagi.
Dari desa sampe kota ndak ada yang ndak kenal jagung……bener ndak? Ada yang mau protes? Jagung,  bahasa ilmiahnya Zea mays L. ini dapat tumbuh di banyak daerah tropis. Jagung kaya akan zat-zat penting untuk tubuh sehingga diklaim banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita.

jika Anda peduli tentang kesehatan sebenarnya tidak ada salahnya sering mengganti kebiasaan makan nasi putih (apalagi yang punya resiko diabetes) dengan jagung ini. Kenapa demikian? Karena banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita sering mengkonsumsi jagung.

Jika tidak suka dengan nasi jagung, Anda bisa memasaknya dalam sayuran. Sayur asam yang ditambah dengan jagung sangat menggugah selera makan. Masakan lain adalah jagung hanya direbus biasa. Jagung yang muda direbus dengan kulitnya, sehingga rasanya yang manis sangat enak dimakan. Bubur jagung yang dicampur dengan ayam juga tak kalah lezatnya. Yang penting Anda bisa memasaknya sehingga kandungan nutrisi pada jagung tidak hilang.

Kandungan nutrisi apa saja yang terdapat pada jagung, sehingga banyak manfaatnya bagi kesehatan? Berikut ini manfaat jagung yang bisa kita dapatkan seperti yang dilansir Bold Sky (07/10/2013).

1. Kaya serat
Jagung penuh serat dan membantu mempercepat proses pencernaan dalam tubuh Anda. Menurut banyak penelitian, secangkir setengah jagung menyediakan lebih dari 10 persen serat makanan untuk kebutuhan kita sehari-hari.

2. Asam folat
Jika Anda sedang hamil dan suka makan jagung, itu sangat bagus untuk Anda. Jagung mengandung asam folat yang sangat penting bagi ibu dan bayi selama kehamilan. Asam folat bagus untuk tulang belakang dan berat bayi, dan menghindarkan bayi dari cacat.

3. Untuk kesehatan mata
Jagung sangat bagus untuk nutrisi mata Anda. Jagung diketahui mengandung karotenoid yang mengurangi risiko degenerasi makula. Karotenoid Lutein dan zeaxanthin hadir dalam jagung juga mengurangi perkembangan katarak di kalangan orang tua.

4. Untuk jantung sehat
Jagung merupakan obat yang bagus untuk menjaga jantung Anda supaya sehat. Vitamin C, karotenoid dan bioflavonoid hadir dalam mencegah penyakit jantung Anda. Karotenoid hadir pada jagung untuk mencegah pengerasan arteri dan mengendalikan kadar kolesterol dalam darah Anda.

5. Sumber energi
Jagung adalah sumber penting energi dan menyediakan 342 kalori per 100 gram. Jagung mengandung Vitamin B, terutama Niacin dan Thiamin yang sangat penting bagi tubuh dan pikiran kita. Kekurangan niacin dapat menyebabkan demensia, dermatitis, dan Thiamin penting untuk menjaga kesehatan saraf.

6. Mengandung banyak mineral
Jagung mengandung banyak mineral seperti magnesium, mangan, besi, tembaga, seng dan selenium yang semuanya sangat diperlukan untuk memfungsikan tubuh manusia. Fosfor adalah penting untuk menjaga kesehatan tulang dan fungsi ginjal sedangkan magnesium mempertahankan denyut jantung supaya normal.

7. Mengatasi anemia
Jika Anda mengalami anemia, jagung harus menjadi bagian penting dari diet harian Anda. Anemia disebabkan oleh kekurangan vitamin B12, asam folat dan zat besi. Jagung memiliki tingkat signifikan vitamin B12, asam folat dan zat besi yang sangat penting untuk pembentukan sel darah merah.

8. Makanan bagi penderita diabetes
Penderita diabetes disarankan untuk memasukkan jagung dalam diet mereka karena mengandung sifat yang membantu kontrol insulin. Studi telah menunjukkan bahwa orang yang makan jagung kurang rentan terhadap diabetes jika dibandingkan dengan orang lain. Fitokimia hadir di jagung membantu mengatur diabetes.

9. Anti-kanker
Jagung merupakan sumber yang sangat kaya antioksidan yang melawan berbagai jenis kanker. Senyawa fenolik hadir pada jagung adalah agen anti-karsinogenik, dan melawan kanker payudara dan kanker hati. Antioksidan hadir di dalamnya membunuh sel-sel kanker dalam tubuh kita tanpa mempengaruhi sel-sel sehat lainnya.

10. Untuk kecantikan kulit
Maizena digunakan dalam banyak kosmetik saat ini karena sangat bermanfaat untuk kulit Anda. Antioksidan hadir dalam mencegah proses penuaan. Sebuah pijatan secara teratur pada kulit dengan minyak jagung meningkatkan tekstur kulit Anda dan membantu Anda mendapatkan kulit yang cerah.

Tul kan…… jagung sang makanan ndeso, sering hanya dijadikan makanan ayam dan burung ternyata kaya manfaat pada tubuh kita….. akhirnya, mari kita makan nasi jagung sambel pete siang ini biar nggak kelaparan….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: