Hitam putih si Selfie

Ehh…..Selfie? Kayaknya kita nggak asing deh dengan kata ini. Banyak dari kita yang bilang, selfiean yuk, mau foto Selfie bareng akyu nggak, Selfie aku keren lho….. Yah begitulah fenomena Selfie. Mari sedikit kita kupas mengenai S-E-L-F-I-E.

Selfie secara harfiah seringkali diartikan sebagai aktivitas memotret diri sendiri atau narsisme. jika ditelusuri lebih dalam pengertian ‘Selfie’ menurut referensi pustakawan Britania adalah “sebuah pengambilan foto diri sendiri melalui smartphone atau webcam yang kemudian diungguh ke situs web media sosial.”

Selfie begitu mendunia bahkan kata Selfie menjadi word of the year 2013. Tapi kalian tau nggak ternyata si Selfie ini dikategorikan HARAM oleh ustadz muda, muallaf, dan ndak pernah pake peci ini. Ya. Sosok yang sering di sebut felix siauw ini adalah orang yang berani berfatwa bahwa Selfie haram. Alasannya selfie itu kebanyakan berujung pada TAKABBUR, RIYA, sedikitnya UJUB.

Maksudnya bagus, tapi sayang sekali tidak dikemas dengan baik sehingga menimbulkan polemik dan kekhawatiran ditengah masyarakat. Kalo alasannya berujung pada takabur, riya dan ujug, jangankan Selfie difotoin aja bisa menjadi takabur, riya dan ujub.

Artinya baik orang itu mau Selfie atau di fotoin atau foto bareng2 tergantung pada dirinya masing2. Apakah dia melakukan itu berujung pada takabur, riya dan ujub atau bahkan itu dalam rangka tahaduts bin nikmah. Kalo tahadduts bin nikmah itukan perintah Allah Swt.

Wakil Sekretaris Jenderal MUI, Tengku Zulkarnain mengaku tidak mempermasalahkan fenomena foto selfie yang dilakukan seorang wanita muslimah yang kemudian diunggah ke media sosial. “Yang penting tidak buka aurat,” ungkap Zulkarnain kepada Republika, Selasa (3/2).

Zulkarnain menjelaskan, pada dasarnya penilaian perempuan yang berfoto di media sosial sama dengan menutup aurat. Menurutnya, apabila wanita berfoto dengan tanpa membuka aurat, maka itu tidak dilarang apalagi diharamkan.

Bukan pada tataran Selfie (foto sendiri) atau di fotoin yang menjadikan berpahala atau berdosa tapi pada apakah itu buka aurat, berfoto bugil, ungkapan ketakaburan atau tahadduts bin nikmat (menyampaikan kenikmatan Allah) .

So. Selfie boleh2 saja asal tidak buka aurat. Selfie boleh2 saja apalagi tahadduts bin nikmah sangat dianjurkan……. oke mas felix siauw yuk berselfi. Tetapi inilah hitam putih si Selfie. Pilihan tergantung Anda.

image
FELIX SIAUW
image
Wah pendukung Mr. Jokowi
image
Duh anaknya pada pinter gaya selfie
image
Deket banget fotonya. Selfie lho
image
Ini di fotoin kok. Bukan selfie
image
Ini difotoin majalah bukan selfie
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: