KALAM HIKMAH ULAMA LIRBOYO

* Yang penting NGAJI !!! Walaupun anaknya seorang tukang ngarit tapi mau ngaji, ya akan pinter. Anaknya orang alim tapi tidak mau ngaji, ya tidak akan pinter. YANG PENTING NGAJI SING TENANAN. – ( K.H Abdul Karim )

* Doakan aku supaya jangan dulu meninggal sebelum bisa puasa selama 9 tahun seperti Mbah Khalil. Dan doakan aku juga supaya diakui santrinya Mbah Khalil. – ( K.H Abdul Karim )

* Yang dinamakan santri yang manfaat ilmunya adalah santri yang ilmunya bisa menuntun mereka meraih ridho Allah. Masalah keadaan tiap-tiap santri di rumahnya kelak, terserah gusti Allah. –
( K.H Marzuqi Dahlan )

* Jangan sekali-kali kalian menyakiti hati orang tua. terlebih-lebih ibu. Karena menyebabkan ilmunya tidak bermanfaat. – ( KH. Marzuqi Dahlan )

* Jika ingin tujuanmu tercapai, jangan makan nasi alias ngerowot. –
( K.H Marzuqi Dahlan )

* Banyak dan sedikitnya ilmu itu sebuah amanat jadi harus disebarkan. –
( K.H Marzuqi Dahlan )

* Ingat kalau kamu jadi pemimpin, tolong hindari 2 masalah. Pertama, jangan sampai mata duitan. Kedua, jangan tergoda perempuan. Kalau bisa bertahan dari dua hal ini insyaallah selamat. –
( K.H Mahrus Ali )

* Ngajarlah ngaji !!! Kalau nanti kamu tidak bisa makan, kethoken kupingku. –
( K.H Mahrus Ali )

* Nabi Sulaiman itu sukses dalam 90 th dan Nabi Nuh sukses dalam waktu 900 th. Tetapi di dalam Al Quran yg disebut ulul ‘azmi adalah Nabi Nuh. Ini menunjukkan perjuangan dilihat dari kesulitan, bukan dari jumlah murid. –
( K.H Mahrus Ali )

* Saya dulu waktu di pondok tidak pernah membayangkan akan jadi kyai, tidak pernah membayangkan akan menjadi orang kaya. Akhirnya menjadi orang mulia seperti ini saya takut. Jangan-jangan bagian saya ini saja, diakhirat tidak dapat bagian apa-apa. –
( K.H Mahrus Ali )

* Kalau ingin hidup mulia hormati orangtua, khususnya ibu. –
( K.H Mahrus Ali )

* Orang yang mempunyai ilmu sambil di riyadlohi dengan yang tidak di riyadlohi itu hasilnya beda. Riyadloh yang paling utama adalah istiqamah. –
( K.H Mahrus Ali )

* Orang ingin sukses itu kuncinya menghormati istri. –
( K.H Mahrus Ali )

* Barang siapa yang tidak mati karena pedang, maka ia akan mati dengan sebab musabab lain. Sebab musabab kematian itu banyak, namun mati cuma sekali. –
( K.H Maksum Jauhari )

*Banyak orang yang ilmunya sedang-sedang saja Tapi betapa hebat manfaat & barokahnya karena ditunjangi oleh sifat tawadhu’ dan banyak khidmah tholabul ‘ilmi. –
( KH. Makshum Jauhari )

* Menghormati guru harus menghormati apa yang dimiliki guru. –
( K.H Maksum Jauhari )

* Empat perkara untuk menjadi hamba Allah yang haqiqi adalah adab, ilmu, sidqu, dan amanah. –
( K.H Imam Yahya Mahrus )

* Santri kok pacaran berarti santri gadungan. Pernikahan yang berangkat dari pacaran biasanya tidak bahagia, karena saat pacaran yang di perhatikan hanya kebaikannya saja. Dan yang jelas menurut Islam pacaran itu dilarang. –
( K.H Ahmad Idris Marzuqi )

* Walaupun dirumah sudah menjadi tokoh masyarakat, bahkan menjadi wali. Kalau belum mengajar, masih kurang disenangi oleh mbah Abdul Karim. –
( KH. Ahmad Idris Marzuqi )

* Orang yang ahli baca shalawat dzuriah dan anaknya akan gampang menjadi orang alim. Shaleh akhlaq dan tingkah lakunya. Kecerdasannya itu lain –
( K.H Ahmad Idris Marzuqi )

* Ketika belajar di lirboyo jangan pernah putus asa apapun yang terjadi. –
( K.H Ahmad Idris Marzuqi )

* Santri kalau pulang harus bisa menjadi seperti paku yang bisa menyatukan berbagai lapisan masyarakat, MESKIPUN DIRINYA TAK TERLIHAT. –
( K.H Abdul Aziz Manshur )

* Lisan hanya wasilah, dakwah sebenarnya (dengan) hati. –
( KH. Abdul Aziz Manshur )

* Jangan dikira umat islam benci dengan orang budha, tapi maksudnya.yang dibenci adalah agamanya. –
( KH. Abdul Aziz Manshur )

* Berbuatah kebaikan sesuai dengan keahlianmu. –
( KH. Abdul Aziz Manshur )

* Kekuatan manusia terbatas. kewajiban kita, ikhlas dan berdoa. jangan cuma, “Saya harus bisa begini” –
( KH. Abdul Aziz Manshur )

* Puncak dari segala kenikmatan adalah meninggal dalam keadaan menetapi iman dan Islam. –
( KH. Abdul Aziz Manshur )

* Birrul walidain itu caranya bukan berarti orangtua kok di gendong ke sana ke sini. Tapi yang terpenting jangan menyakiti hati orangtua. –
( K.H Anwar Manshur )

* Hidup didunia ini kok terkena cobaan, jangan heran. itu sudah menjadi ketentuannya. –
( KH. Anwar Manshur )

* Amalkanlah ilmu yang kalian peroleh sambil tetap mencari ilmu.Karna mencari ilmu itu tetap diwajibkan sampai akhir hayat. –
( KH. Anwar Manshur )

* Kita hrs benar-bemar ikhlas dalam berjuang. Jangan sampai mengharapkan pamrih dari segala sesuatu yang kita sumbangkan kepada msyarakat & bangsa. – ( KH. Anwar Manshur )

* Harganya seseorang adalah ilmu dan pengamalannya. –
( K.H Anwar Manshur )

* Sebaik-baiknya orang itu, orang di ajak maling, malingnya malah sadar. Sejelek-jeleknya orang, orang di ajak maling malah ikut jadi maling. Jangan mudah terbawa zaman, sekarang sudah tidak karuan. Jangan ikut-ikutan tidak karuan. –
( K.H Anwar Manshur )

* Orang sukses dan alim tentu ada hubungan dengan orangtua dan kakeknya. – ( K.H Abdullah Kafabihi Mahrus )

* Perjuangan membutuhkan pengorbanan. kejayaan membutuhkan perjuangan. –
( KH. Abdullah Kafabihi Mahrus )

* Syaithon mengoda dengan cara apapun. Kadang dengan pemikiran. Ini yang berbahaya, maka tafakkur harus didasari ilmu. –
( KH. Abdullah Kafabihi Mahrus )

* Yang bertanggung jawab terhadap NU adalah santri, karena NU lahir dari kalangan pesantren. –
( K.H Abdullah Kafabihi Mahrus )

* Yang serius belajarnya !!! Mumpung masih muda. Kalau sudah tua pasti nambah repot, karena tidak ada orang tua yang tidak repot. –
( K.H Habibullah Zaini )

* Jangan takut ketika tidak bisa bekerja, tapi takutlah ketika hanya bisa bekerja. Pendidikan di lirboyo bukan untuk bekerja, tapi untuk dakwah. –
( K.H Ma’ruf Zainuddin )

* Harus punya tanggung jawab, kewajiban orang yang mencari ilmu harus belajar. Kewajiban orang yang mempunyai ilmu harus mengajar. –
( KH. Ma’ruf Zainuddin )

* Ilmu itu amanah, harus dipegang teguh dan disampaikan kepada yang berhak. – ( KH.W Rofi’i Ya’kub.)

Smg bermanfaat dan menjadi motivasi bagi kita semua….

Iklan

Kunjungi Jeddah, Gus Maksum Didaulat sebagai Khotib Jumat

image

Riyadh, LiputanBMI – Dalam kunjungannya ke Jeddah, Gus Maksum, pengurus MWCI NU Riyadh didaulat sebagai khotib Jumat di Masjid Indonesia Jeddah (MIJ) pada 26 Agustus 2016. 

Materi khutbah yang disampaikan oleh Gus Maksum seputar hubungan antara keimanan, amal sholeh serta dakwah. Ketiga hal ini berpengaruh erat dengan penilaian di akhir kehidupan umat manusia. 

Ia menyitir surat Al Asr ayat 1-3 yang artinya: “Demi masa (1), Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian (2), Kecuali orang yang beriman dan orang-orang yang mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran”

Pemilik nama lengkap Muhammad Ali Maksum ini menyampaikan bahwa semua manusia di akhir kehidupannya ia pasti akan merugi, seorang driver akan rugi, majikan akan rugi, politikus akan rugi, gubernur akan rugi bahkan presiden dan raja sekali pun akan mengalami kerugian di akhir kehidupannya. 

“Kecuali orang-orang yang yakin dan percaya bahwa tidak ada Tuhan yang wajib disembah kecuali Allah SWT, yang yakin dan percaya bahwa Allah SWT mengutus malaikat dan para nabi tentunya semua itu dalam bingkai keimanan”. papar Ia.

“Yakni orang-orang yang beramal sholeh yang mampu mengaplikasikan keimanannya dengan beramal sholeh serta mampu mengajak kepada kebenaran dan kesabaran,” imbuh pria yang berstatus sebagai Mahasiswa Universitas Al Imam Muhammad ibn Saud.

Dalam akhir khutbahnya ia mengajak kepada jamaah sholat Jumat agar tidak bosan-bosannya mengajak istrinya, anak-anaknya, keluarganya, saudaranya untuk mendawamkan, mengistiqomahkan dan tidak henti-hentinya untuk membasahi lisan dan hatinya untuk mengucapkan kalimat keimanan, kalimat ketauhidan dan kalimat tahlil, Laailaha Illallah Muhammad Rosulullah

Untuk diketahui, di Masjid Indonesia Jeddah sendiri, setiap Jumat pagi, terlebih dulu diisi dengan kajian kita Nashoihul Ibad yang dipandu oleh ustadz Fadholi. 

Pengurus MWCI NU Riyadh ini mendapatkan penghormatan dari pengurus Masjid Indonesia Jeddah untuk memberikan khutbah Jumat di depan jamaah yang notabene adalah para ekspatriat Indonesia di Jeddah.

“Saya diminta oleh Ta’mir Masjid Indonesia Jeddah untuk memberikan khutbah pada Jum’at kemarin, paling durasinya hanya 10-15 menit” ujar Gus Maksum di Riyadh, Ahad, (28/08/2016).

Kiriman dari Guslik An-Namiri, Rois Syuriah MWCI NU Riyadh.  (TTG, 28/08)

Lawatan MWCI NU Riyadh untuk Almarhum Rois Syuriah PCI NU Arab Saudi

image

Jeddah- Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCI NU) Arab Saudi menggelar acara Dzikir dan Tahlil bersama atas wafatnya Rois Syuriah Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama Arab Saudi, KH. M. Firdaus Abdul Manan di Masjid Indonesia Jeddah, Arab Saudi.

Turut hadir dalam acara tersebut, Pengurus Majelis Wakil Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (MWCI NU), M Ali Maksum atau biasa dipanggil Gus maksum.

“Atas nama Rois Syuriah KH. Abdul Malik dan Ketua Tanfidiyah Bapak H. Musholi Busadin serta seluruh pengurus dan warga NU Riyadh Mengucapkan Bela sungkawa yang sedalam-dalamnya dan merasa sangat kehilangan atas wafatnya Kyai Firdaus Abdul Manan. Semoga spirit perjuangan Beliau memimpin Syuriah PCINU Arab Saudi bisa kita teladani bersama, kata Gus Maksum, Senin (22/8/16)

Menurut Ketua PCI NU  Arab Saudi KH.  Ir. Achmad Fuad. Beliau menambahkan bahwa KH. Firdaus merupakan ulama yang hebat, ulama yang konsisten, semangat perjuangan untuk NU dan Ummat sungguh luar biasa. Disamping menjadi Rois Syuriah beliau juga menjadi ketua Masjid Indonesia Jeddah, kata Ir. Achmad Fuad.

Seperti di ketahui bahwa Almarhum wafat di Rumah Sakit Sulaiman Fakeh, Jeddah, Arab Saudi, disebabkan penyakit yang dideritanya.

Sebelumnya Almarhum menjalani rawat inap selama seminggu di rumah sakit, hingga akhirnya mengembuskan nafas terakhir pada Sabtu (20/8), pukul 7.30 pagi waktu Arab Saudi.

Keluarga bersepakat almarhum dikebumikan di Al Asad, pekuburan tertua di Jeddah setelah pekuburan Ummina Hawa di Bab Makkah District.

Mudah-mudahan Allah Subhanahu wata’ala mengampuni segala dosa dan kesalahan, menerima dan melipat gandakan pahala amal ibadah beliau, dan semoga beliau ditempatkan di dalam surga Allah SWT. Amiin. (Red/Guslik)

KLARIFIKASI PEGAWAI BERKERUDUNG DI NASI UDUK BABI BUNCIT

image

Bismillah,
Hasil tabayyun ikhwah fillah dari beredarnya broadcast yang menfitnah sesama muslim..
Nasi uduk Babi Buncit, ada di Lippomall Puri, Jakarta Barat. Buka tiap Jumat – Minggu.
Penjaganya mengenakan kerudung, dan setelah ditemui dan berkomunikasi ternyata dia muslimah.
Jadi berhati – hatilah dalam menyebarkan berita, katakan yang benar saja dan jangan mudah mengkafirkan sesama muslim !

ﺃَﻳُّﻤَﺎ ﺍﻣْﺮِﺉٍ ﻗَﺎﻝَ ﻟِﺄَﺧِﻴﻪِ ﻳَﺎ ﻛَﺎﻓِﺮُ ﻓَﻘَﺪْ ﺑَﺎﺀَ ﺑِﻬَﺎ ﺃَﺣَﺪُﻫُﻤَﺎ ﺇِﻥْ ﻛَﺎﻥَ ﻛَﻤَﺎ ﻗَﺎﻝَ ﻭَﺇِﻟَّﺎ ﺭَﺟَﻌَﺖْ ﻋَﻠَﻴْﻪِ
Barangsiapa yang berkata kepada saudaranya, “hai orang kafir,” maka kata itu akan menimpa salah satunya. Jika benar apa yang diucapkan (berarti orang yang dituduh menjadi kafir); jika tidak, maka tuduhan itu akan menimpa orang yang menuduh. [HR Muslim].

Tahanlah dari kalian (jangan menyerang) orang ahli La ilaha ilallah (yakni orang muslim) janganlah kalian mengkafirkan mereka karena suatu dosa” pada versi yang lain “janganlah kalian mengeluarkan mereka dari Islam karena suatu perbuatan. (Dari Abdullah bin Umar, HR Ath Thabrahiy).
Mari menanggapu setiap kabar dan informasi harus ada tabayyun kepada sumber dan verifikasi terhadap isinya. Tidak asal sharing atau posting.

Pemiliknya adalah bernama Oey Cecilia dan Tommy (Kristen Kharismatik). Saudari kita Muslimah ini bekerja pada mereka sudah lama. Jangan dicela tapi berikan solusinya. Beliau butuh pekerjaan untuk menghidupi dirinya dan keluarganya. Temui dan nasehati yang baik pemiliknya, karena ini bisa jadi kontroversi dan memicu SARA.
Mereka bukan Kristen Orthodox, karena Kristen Orthodox selain memang menggunakan jilbab, mereka tidak makan babi..
Jadi berhati – hatilah menyebarkan berita.
Untuk kita yang sudah paham,
Tolong sampaikan kepada saudara, teman, dan kerabat lainnya. Baik muslim maupun non muslim:

ﭐﺩْﻉُ ﺇِﻟَﻰٰ ﺳَﺒِﻴﻞِ ﺭَﺑِّﻚَ ﺑِﭑﻟْﺤِﻜْﻤَﺔِ ﻭَﭐﻟْﻤَﻮْﻋِﻈَﺔِ ﭐﻟْﺤَﺴَﻨَﺔِ ۖ ﻭَﺟَٰﺪِﻟْﻬُﻢ ﺑِﭑﻟَّﺘِﻰ ﻫِﻰَ ﺃَﺣْﺴَﻦُ ۚ ﺇِﻥَّ ﺭَﺑَّﻚَ ﻫُﻮَ ﺃَﻋْﻠَﻢُ ﺑِﻤَﻦ ﺿَﻞَّ ﻋَﻦ ﺳَﺒِﻴﻠِﻪِۦ ۖ ﻭَﻫُﻮَ ﺃَﻋْﻠَﻢُ ﺑِﭑﻟْﻤُﻬْﺘَﺪِﻳﻦَ
Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.
(QS.An-Nahl:125)

*Agar tak ada Sara dan fitnah yang ditimbulkan*.
*Tuk sdr2 muslim, agar lbh ber-hati2 lg dlm mengkonsumsi makanan/minuman*
Jangan hanya sekedar melihat yg menjual/
menyajikan adalah orang yg berjilbab.
Berikut chat WA dengan team dilapangan:
[5/23, 10:09]: Yang punya kafir, yg mbak itu muslim. Cuma karena faktor ekonomi dan udah kerja lama sama yg punya
[5/23, 10:40]: Yang punya sudah di tegur. Masalahnya mba nya itu ikut udah lama sama ownernya….trus di tawarin, eh mbanya mao asal tidak pegang babinya n tidak cuci piring….
[5/23, 10:42]: Ga ada tanggepan apa2. Mbanya yang mau.
[5/23, 10:42]: Yang mesti di nasehatin mba2nya tapi harus di kasih jalan keluar pekerjaan baru yg sesuai keahliannya.

ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻭَﺭَﺳُﻮﻟَﻪُ ﺣَﺮَّﻡَ ﺑَﻴْﻊَ ﺍﻟْﺨَﻤْﺮِ ﻭَﺍﻟْﻤَﻴْﺘَﺔِ ﻭَﺍﻟْﺨِﻨْﺰِﻳﺮِ ﻭَﺍﻷَﺻْﻨَﺎﻡِ
“Sesungguhnya, Allah dan Rasul-Nya mengharamkan jual beli khamar, bangkai, babi, dan patung.” (HR. Bukhari no. 2236 dan Muslim no. 4132).

Alhamdulillah, ada tawaran dari ikhwah fillah buat mbak ini agar meninggalkan pekerjaannya dan diberi pekerjaan yg sama dengan gaji 2x lipat, semoga diterima oleh mbak muslimah ini..

Semoga dapat kita ambil ibrohnya dan semoga bermanfaat.. Hanya Allah yang memberi taufik..
Muslim berkata yang bebar dan tidak menyebarkan berita dusta.. Allahu akbar !!
Barakallah

Hanny Kristiyanto

Di sadur dari website : http://www.fotodakwah.com/2016/05/klarifikasi-pegawai-berkerudung-di-nasi.html?m=1

KAMI BANGGA MENJADI ALUMNI MTS MA ISLAHIYAH KALITIDU.

image

(Bag. 1 BU TATIK YOU ARE MY INSPIRATION)
ISLAHIYAH, Empat belas tahun sudah ku meningalkan kau, tapi enam tahun membuatku tidak bisa melupakanmu.
Sejak 1998 ku menginjakkan kakiku di Mts-ma Islahiyah Kalitidu sejak itulah ku bergelut untuk menimba ilmu sebisa-bisaku, ternyata terkesan dan tercegang… membuat ku berani dan tak ku sangka Islahiyah bagaikan Indonesia Kecil nan cantik, nyaman dan menyenangkan sungguh tidak terbayangkan sebelumnya.
Islahiyah bagiku adalah harapanku, Islahiyah bagiku adalah kebangganku, masa-masa yang begitu sakral, hampir setiap hari berjuang dengan buku-buku (ceileh kayak rajin-rajino dewe), tapi kan karena itu setiap semester saya tidak pernah mbayar sekolah baik di Mts atau di Aliyah (karena peringkat 1 gratis biaya Spp).
Kalau sekarang sih semua siswa di gratiskan (keren mana sih sebenernya, hehehe) tapi di akhir pertandingan (Hadeuuuhhhh, ujian nasional Aliyah kelesss) saya harus terpaksa mengalah dari kawan karib saya, yasin. Maklum, kakiku ternyata tidak lebih hebat dari kapak maut naga geni 212 milik wiro sableng. Si kapak harus menancap di kakiku dan wassalam saya harus total istirahat di rumah.
Dan, di saat wisuda aq harus puas turun ke peringkat 2 terbaik se Aliyah (ini suul khotimah atau khusnul khotimah ya?
Sebagai ketua OSIS juga menjadi pelajaran yg begitu indah, yang sampai sekarang masih terbayang-bayang di mata (kayak lagu aja). Saking semangatnya ngurus OSIS sampe2 pernah di strap guru cantik primadona sekolah (bu tatik).
Berkali2 di marahin tuh sama bu tatik. Tapi please bu tatik, kalo saya ndak di marahi bu tatik mungkin saya ndak bisa berangkat ke Jamiah Al Imam Muhammad ibn Saud, Arab Saudi (lho apa hubungannya). Soalnya bu tatik tuh kan ngajar ekonomi, dan di S1 saya ngambilnya Jurusan Ekonomi, S2 di Saudi juga ngambilnya ekonomi. terus terang (ada bu tatik ndak ya???) waktu bu tatik ngajar, sengaja dulu saya keluar kelas alasan nglatih upacara (kebetulan tiap sabtu ada latihan upacara buat hari senin).
Hampir tiap hari sabtu masuk kelasnya bu tatik tuh di detik2 terakhir. Mungkin agak sulit ya saya memahami ekonomi, sudah underestimate kata orang2 jawa (heh kok jawa sih). Nah gara2 itu saya sering di strap sama bu tatik. Pernah juga di suruh pulang ambil buku. (Hehehe nakal ya…)
Hadeuuuhhhh…. dulu dalam hati pingin nggantiin bu tatik ngajar (hehehhe). Akhirnya saya bertekad kuliah S1 ambil ekonomi eh keterusan malahan di ekonomi dan menikmati.
Tapi bagaimanapun saya baru sadar (dari dulu apa pingsan yah saya?) BU TATIK YOU ARE MY INSPIRATION. Ilmu yang bu tatik ajarkan menjadi bekal hingga saat ini. Saya doakan semoga bu tatik dan seluruh guru2 saya di Mts MA Islahiyah kalitidu di panjangkan umurnya, di berkahi kehidupannya, di istiqomahkan ibadahnya, sakinah rumah tangganya, sholih-sholihah putra-putrinya. Ilmu yang di ajarkan menjadi amal jariyah. Aamiin.
Please bu tatik, lama tidak jumpa, pingin rasanya sungkem untuk haturkan permohonan maaf dan terima kasih atas segala ilmu yang sudah bu tatik sampaikan. Saya yakin dulu tiap malam bu tatik selalu mendoakan saya (hehehhe ge er) soale kan saya paling nakal njih…. heheehhe. Please. Pangapunten njih bu tatik.
‪#‎banggamenjadialumniislahiyah‬

Amalan “Gampang” Untuk Kelancaran Rizki

image

Nasehat dari guru saya, guru njenengan, guru kita semua K. H. Maimon Zuber Sarang “Mbesok nek wes omah-omah, ojo lali, angger mlebu omah moco Qulhu ping pisan”. (Besok jika sudah berumah tangga, setiap masuk rumah jangan lupa membaca surat Al Ikhlas walaupun cuma sekali).

Ternyata nasehat beliau ini bukan sembarang nasihat, karena hal itu telah disabdakan oleh Junjungan Kita, Nabi Besar Muhammad SAW,

عن سهل بن سعد : « جاء رجل إلى النبي صلى الله عليه وسلم وشكا إليه الفقر فقال : إذا دخلت بيتك فسلم إن كان فيه أحد وإن لم يكن فيه أحد فسلم على نفسك ، واقرأ قل هو الله أحد مرة واحدة ففعل الرجل فأدر الله عليه رزقاً حتى أفاض على جيرانه »

Sahal bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu berkata:

“Seorang laki-laki datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan mengadukan kefakiran yang menimpanya. Lalu beliau bersabda:

“Apabila kamu masuk ke rumahmu, ucapkanlah salam jika ada seseorang di dalamnya. Dan jika tidak ada orang di dalamnya, ucapkan salam untuk dirimu, dan bacalah Qul huwallaahu ahad satu kali.”

Lalu laki-laki tersebut melakukannya. Maka Allah melimpah ruahkan rizki orang tersebut sehingga mengalir kepada tetanga-tetangganya.” (MafatihilGhoib, Surat al-Ikhlash)

Semoga Manfaat.. Hidup berkah dunia akhirat..
ila hadroti ruhy wajasadi syaikhi wa murobbi ruhi KH. Maimoen Zubeir…. Al Fatihah.

Lirik Yaa Ampun – Emha Ainun Nadjib

Perahu Nabi Nuh – Emha Ainun Nadjib

Ya ampun lalimnya manusia
Ya ampun bebalnya penguasa
Ya ampun tuli telinganya
Ya ampun dusta politiknya

Ya Allah, Ayyub-kan hamba
Ya Allah lebarkan dada
Ya Allah, Ya Allah, Ya Allah luaskan jiwa

Ya ampun curang keputusannya
Ya ampun seenak udelnya
Ya ampun bengkak ambisinya
Ya ampun pusing rakyatnya
Irhamna jami’an warzuqna wasi’an
Ya allah, Ya allah, Ya Allah khaliqul annam

Ya ampun buta hatinya
Ya ampun gelap pandangannya
Ya ampun bodoh ilmunya
Ya ampun rendah budinya

Ya Allah, Ibrahim-kan hamba
Pinjamkan kapak paduka
Ya Allah Ya Allah Ya Allah makarlah pada mereka

Ya ampun lumpuh hukumnya
Tetapi angkuh sikapnya
Ya ampun remeh karakternya
Ya ampun kerdil mentalnya

Ya Allah, Daud-kan hamba
Pinjamkan seruling paduka
Ya Allah, Ya Allah lantunkan puisi cinta

Hatiku tidak tega memandang wajah mereka
Seharusnya disapa
Tapi diacuhkan saja
Teguhkan hatinya
Agar bersabar dalam derita
Ya Allah, Ya Allah temanilah mereka

Hatiku tak tega melihat nasib mereka
Seharusnya dihibur
Tetapi disiksa

Ya Allah, Musa-kan hamba
Pinjamkan tongkat paduka
Ya Allah, Ya Allah untuk membelah samudera

Hatiku tak tega
Mendengar suara mereka
Seharusnya dipikul
Tetapi dihina
Irhamna jami’an warzuqna wasi’an
Ya Allah Ya Allah Ya allah khaliqul annam

Sungguh tidak tega
Tumpahlah seluruh cinta
Mati hidup hamba untuk tangis mereka

Ya Allah, Muhammad-kan hamba taburkanlah syafaat
Ya Allah, Ya Allah, Ya Allah
Agar terkuak rahasia syurga

Mistik dan Makrifat Sunan Kalijaga (Kidung Rumeksa Ing Wengi)

image

Sejenak membuka, membaca dan  merenungi sebuah buku karya Achmad Chodjim berjudul Mistik dan Makrifat Sunan kalijaga. Buku yang tebalnya sampai 378 halaman ini memang hanya sedikit mengupas tentang sejarah atau kisah Sunan Kalijaga sendiri. Karena menurut penulis, sudah banyak orang yang menulis sejarah atau kisah Sunan kalijaga. Sedangkan yang disajikan dalam buku ini adalah tentang ajaran dan kearifan Sunan Kalijaga serta ajaran tentang makrifat dan sangkan paran ( asal dan kembalinya manusia) baik berupa doa maupun tembang tembang.

Dari buku ini saya baru tahu bahwa Sunan Kalijaga menyusun beberapa doa yang berupa kidung atau mantra. Diantara doa doa dari Sunan Kalijaga yang memang sudah cukup terkenal yakni kidung “rumeksa ing wengi” atau perlindungan di malam hari. Yang ternyata kidung ini juga dikenal sebagai “mantra wedha” sebagai doa penyembuhan.

Mengenai “mantra” (sebelum ada yang komentar keras soal ini). Mantra adalah seperti layaknya doa (arab) karena Mantra adalah bunyi, suku kata, kata, atau sekumpulan kata-kata yang dianggap mampu “menciptakan perubahan” (misalnya perubahan spiritual). Ya….. mantra adalah doa dan doa adalah mantra, Hanya beda pada pelafalan saja.
Dalam hal ini nabi muhammad pun banyak mengajarkan doa atau mantra pada kita semua. Dari bangun tidur, ke kamar kecil, berpakaian, makan, ke luar rumah, bepergian, bekerja hingga kembali pulang dan tidur.

Lalu mengapa Sunan kalijaga perlu menyusun mantra sendiri, kan sudah ada tuntunan doa dari kanjeng nabi Muhammad. Dalam hal ini penulis buku menjelaskan, bahwa bukankah doa itu akan lebih mudah dihayati dan diyakini bila bahasanya dimengerti. Dan dalam doa yang dipraktikkan secara sungguh sungguh terkandung kerja. Orare est laborare, laborare est orare., “berdoa artinya bekerja, bekerja artinya berdoa” kata ungkapan Barat.

Oke kita lanjut. Didalam bab kandungan kidung rumeksa ing wengi dijelaskan, bahwa apabila kita simak dengan seksama bait pertama kidung tersebut, kandungannya tidak jauh berbeda dengan surat An Naas dan Al Falaq. Intinya adalah perlindungan. Bukan hanya perlindungan dari kejahatan orang, melainkan juga perlindungan dari penyakit. Dalam bait pertama ini pula disebutkan bahwa khasiat doa ini bagaikan air yang memadamkan api. Dan maksud dari doa ini diantaranya memang untuk menghindarkan diri dari bahaya api.

Dalam bait kedua dinyatakan dengan tegas bahwa khasiat atau kesaktian yang dihasilkan dari melafalkan doa ini adalah untuk menolak serangan hama pada sawah dan ladang. Juga menghindarkan diri dari serangan senjata.

Kawan kawan. Didalam buku ini pula disebutkan ada beberapa faktor yang turut mempengaruhi kemanjuran sebuah doa. Diantaranya alam tak sadar si pendoa, harapan, kecemasan, keyakinan, dan pengalaman. Tentu saja sebuah doa akan terkabul bila kita tidak melanggar asas doa. Misalnya, kita berdoa agar diberi tuhan mobil baru. Dan kita berharap mobil itu akan ada seketika dihadapan kita. Ini namanya MELANGGAR ASAS DOA.

Sebenarnya inti yang saya pahami dari kidung ini adalah mengingatkan manusia agar mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga terhindar dari kutukan dan malapetaka yang lebih dahsyat. Dengan demikian kita dituntut untuk senantiasa berbakti, beriman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Oke kawan, sebelum saya melanjutkan membaca dan merenungi kembali buku yang fenomenal ini, saya akan sajikan bait bait kidung Rumeksa ing wengi dan artinya :

Ana kidung rumeksa ing wengi
Teguh hayu luputa ing Lara
Luputa bilahi kabeh
Jim setan datan purun
Paneluhan tan ana wani
Miwah panggawe ala
Gunaning wong luput
Geni atemahan tirta
Maling adoh tan ana ngarah ing mami
Guna duduk pan sirna

Sakehing lara pan samya bali
Sakeh ngama pan sami miruda
Welas asih pandulune
Sakehing braja luput
Kadi kapuk tibaning wesi
Sakehing wisa tawa

Sato galak tutut
Kayu aeng lemah sangar
Songing landhak guwaning wong
Lemah miring myang pakiponing merak

Pagupakaning warak sakalir
Nadyan arca myang segara asat
Temahan rahayu kabeh
Apan sarira ayu
Ingideran kang widadari
Rineksa malaekat lan sagung pra Rasul
Pinayungan ing Hyang Suksma
Ati Adam Utekku Baginda Esis
Pangucapku ya Musa

Napasku Nabi Ngisa linuwih
Nabi Yakup Pamiyarsaningwang
Dawud Suwaraku mangke
Nabi Ibrahim Nyawaku
Nabi Sleman Kasekten mami
Nabi Yusup Rupeng wang
Edris ing Rambutku
Baginda Ngali kuliting wang
Abubakar Getih daging ngumar singgih
Balung Baginda Ngusman

Sungsumingsun Patimah linuwih
Siti Aminah Bayuning Angga
Ayup ing Ususku mangke
Nabi Nuh ing Jejantung
Nabi Yunus ing Otot mami
Netraku ya Muhammad
Pamuluku Rasul
Pinayungan Adam Kawa, sampun pepak sakatahe para Nabi dadya sarira Tunggal

Terjemahan dalam bahasa indonesia :

Ada kidung rumekso ing wengi. Yang menjadikan kuat selamat terbebas 
dari semua penyakit. Terbebas dari segala petaka. Jin dan setanpun 
tidak mau. Segala jenis sihir tidak berani. Apalagi perbuatan jahat. 
guna-guna tersingkir. Api menjadi air. Pencuripun menjauh dariku. 
Segala bahaya akan lenyap.

Semua penyakit pulang ketempat asalnya. Semua hama menyingkir dengan pandangan kasih. Semua senjata tidak mengena. Bagaikan kapuk jatuh dibesi. Segenap racun menjadi tawar. Binatang buas menjadi jinak. Pohon ajaib, tanah angker, lubang landak, gua orang, tanah miring dan sarang merak.

Kandangnya semua badak. Meski batu dan laut mengering. Pada akhirnya semua slamat. Sebab badannya selamat dikelilingi oleh bidadari, yang dijaga oleh malaikat, dan semua rasul dalam lindungan Tuhan. Hatiku Adam dan otakku nabi Sis. Ucapanku adalah nabi Musa.

Nafasku nabi Isa yang teramat mulia. Nabi Yakup pendenganranku. Nabi Daud menjadi suaraku. Nabi Ibrahim sebagai nyawaku. Nabi sulaiman 
menjadi kesaktianku. Nabi Yusuf menjadi rupaku. Nabi Idris menjadi 
rupaku. Ali sebagai kulitku. Abubakar darahku dan Umar dagingku. 
Sedangkan Usman sebagai tulangku.

Sumsumku adalah Fatimah yang amat mulia. Siti fatimah sebagai 
kekuatan badanku. Nanti nabi Ayub ada didalam ususku. Nabi Nuh 
didalam jantungku. Nabi Yunus didalam otakku. Mataku ialah Nabi 
Muhamad. Air mukaku rasul dalam lindungan Adam dan Hawa. Maka 
lengkaplah semua rasul, yang menjadi satu badan.

Sekian. Gus Maksum Unwahas

Resep kuno memperlancar persalinan

image
Resep kuno memperlancar persalinan

Bismillah….. Resep ini khusus untuk orang yang lagi hamil, suaminya orang hamil serta teman atau tetangganya orang hamil. Hehehehe bercanda.

Orang yang sedang hamil memang beratnya bukan main. apalagi selama 9 bulan harus membawa beban diperut (apalagi gue yang 4 tahun ndak lahir2, hehehe). Makanya tuh para anak, jangan durhaka sama ibu kalian…… kualat lho.

Apalagi saat melahirkan merupakan pertaruhan antara hidup dan mati. Perjuangan seorang ibu melahirkan anaknya begitu hebatnya. Tidak ada yang mampu melebihi kehebatan seorang ibu, makanya taati dan sayangi ibumu, ibumu, ibumu lalu ayahmu.

Ada satu resep kuno dari para leluhur agar persalinan bisa lancar tanpa operasi. Berikut resepnya : apabila istri sudah merasakan waktunya melahirkan, carilah satu butir telur ayam kampung (bukan ayam kampus, lain soal) diambil kuning telurnya, kemudian di campur dengan minyak kelapa satu sendok makan, baru kemudian di minumkan. Insyaallah dengan izin Allah SWT dengan cara tersebut bisa melancarkan persalinan tanpa operasi. Insyaallah Mujarab. Diambil dari kitab “alkhosôisul kafiyah” karya KH. Musyafa’ Ali sumolangu-kebumen.

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑